Warta Metropolitan, Blog Warta Indonesia

Aksiku - Toko Buku Bekas Online

Kamis, Agustus 19, 2010

9 tips membina dan merawat perkawinan yang bahagia

Membina dan merawat perkawinan yang bahagia itu gampang-gampang susah. Kita ibaratkan seperti memegang seekor burung merpati, jika terlalu erat memegangnya maka burung itu akan tercekik dan mati, namun sebaliknya, apabila terlalu longgar maka burung itu akan terlepas dan terbang jauh ke angkasa. Tentunya anda tidak menginginkan hal itu terjadi kepada perkawinan anda bukan? anda tidak ingin pasangan anda mati jiwanya ataupun pergi meninggalkan anda bersama kekasih hatinya yang lain.

Berikut ini adalah tips sederhana dalam membina dan merawat perkawinan, tetapi ampuh karena diambil berdasarkan pengalaman hidup sehari-hari orang lain yang telah penulis ringkas hingga menjadi inti sarinya saja. Silahkan simak.

1. Rawatlah cinta anda berdua dengan ucapan-ucapan mesra. Tidak perlu terlalu sering, nanti akan terasa gombal. Ucapkan di saat-saat tertentu saja seperti, hari ulang tahunnya, saat akan berangkat kerja ataupun saat sedang bercengkrama, sela waktu tersebut dengan mengatakan cinta dan sayang kepada pasangan anda secara tiba-tiba lalu cium keningnya.

2. Belajarlah untuk menghargai dan menerima pasangan anda secara apa adanya. Ingat-ingatlah selalu saat anda memutuskan untuk menikah dengan pasangan anda, apa yang menjadi kelebihannya sehingga anda berani mengambil keputusan untuk menikahi dia dengan mengenyampingkan segala kekurangannya.

3. Jika terjadi pertengkaran, mengalahlah jika sumber masalahnya tidak terlalu melanggar prinsip. Mengalah bukan berarti kalah bukan? Mengalah untuk memenangi hati pasangan anda itu adalah pertukaran yang sangat indah. Jika hati masih panas dan menurut anda sumber masalah tersebut sangat melanggar prinsip anda, janganlah memaksakan agar masalah tersebut dapat selesai saat itu juga. Tahanlah emosi anda berdua dan mintalah nasehat dari seseorang yang "dituakan" dan telah dipercayai oleh anda berdua.

4. Bersikaplah terbuka dalam masalah apapun. Jangan pernah mencoba untuk menutupi hal-hal apapun dari pasangan anda karena jika sekali saja anda ketahuan telah menyembunyikan sesuatu dari pasangan anda maka itu adalah benih bahan pertengkaran baru yang suatu saat akan diungkit dan menambah beban dari permasalahan sebenarnya.

5. Jauhkan fikiran-fikiran negatif dan hindari gosip-gosip miring serta murahan tentang pasangan anda baik dari lingkungan sekitar rumah ataupun lokasi kerja anda. Tidak ada untungnya mendengarkan gosip mereka karena jika anda berdua termakan oleh gosip dan hasutan mereka hingga akhirnya rumah tangga anda berdua berantakan maka yang senang dan bertepuk tangan adalah mereka-mereka yang memang tidak suka melihat anda berdua rukun dan bahagia dalam meniti perkawinan.

6. Jangan sekali-kali anda bermain api. Sekali anda bermain api maka tiada ampun! perkawinan anda hampir dapat dipastikan hancur berkeping-keping, karena siapapun tidak ada yang suka dikhianati oleh pasangannya. Atau bisa saja perkawinan anda tetap selamat akan tetapi mungkin rasanya seperti di neraka karena sudah tidak ada lagi benteng kepercayaan dan cinta sejati. Sudah banyak contohnya, simak saja berita-berita di televisi, majalah atau media massa lainnya.

7. Jangan curhat kepada lawan jenis anda tentang pasangan anda. Meskipun tidak semua akan tetapi banyak terbukti, curhat kepada lawan jenis bisa menjadi salah satu jalan menuju biang kerok perselingkuhan. Kenapa? karena seseorang yang sedang luka hatinya dia akan cenderung mencari seorang lain yang bersedia untuk mendengar keluh-kesahnya, menjadi tempat "sampahnya" dan jika seseorang yang lain tersebut dapat memberikan kenyamanan psikologis maka akan timbul rasa simpati, nah yang bikin berabe jika seseorang yang mendapat simpati itu adalah lawan jenis maka dikhawatirkan, rasa simpati akan berubah menjadi cinta. Oleh karena itu, jika ingin curhat, curhatlah kepada sahabat yang berjenis kelamin sama.

8. Bekerja keras dan jadilah kaya. Ini adalah salah satu cara klasik yang dapat anda kerjakan. Pasangan anda akan berpikir ribuan kali untuk meninggalkan anda jika anda kaya. Mungkin pernyataan ini akan merangsang benih perdebatan akan tetapi banyak perceraian terjadi karena masalah ekonomi, ini fakta!

Mungkin tips di bawah ini dapat anda praktekkan jika anda tidak setuju dengan tips no.8 sebelumnya.

9. Jadilah religius bersama-sama. Ajaklah pasangan anda untuk mendalami ajaran agama yang telah anda anut bersama. Karena agama selalu mengajarkan manusia kepada kebaikan hingga diharapkan siraman rohani yang anda berdua dapatkan, bisa memadamkan niat-niat buruk keduniawian yang mungkin timbul diantara pasangan.

Seluruh tips merawat perkawinan yang bahagia ini boleh anda percayai boleh tidak, tetapi tips ini berdasarkan rangkuman pengalaman sehari-hari dari peristiwa klasik tentang perceraian yang terjadi sejak dulu sampai dengan sekarang. Silahkan tambahkan sendiri satu tips lagi hingga sempurna menjadi sepuluh jika anda mempunyai tips tentang perkawinan. (djf/pb)

0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.