Warta Metropolitan, Blog Warta Indonesia

Breze, roti populer di Jerman

Breze atau pretzel adalah salah satu roti populer di Jerman, serta di beberapa wilayah di Amerika Serikat . Bentuknya yang unik berbentuk simpul-simpul adalah dari untaian adonan yang terjalin menempel simetris. Roti yang dasarnya dibuat dari tepung gandum, air dan ragi, dan biasanya ditaburi dengan garam kasar, sebesar telapan tangan dan dibuat untuk konsumsi sehari. Rasanya keras renyah tapi di sukai oleh sebagian besar anak-anak.
Breze , roti yang mempunyai latar belakang yang berbeda terkait dengan asal usul nya. Breze yang terbuat dari ragi di ketahui berasal dari Kristen Eropa abad petengahan tapi sampai saat ini masih digunakan sebagai suguhan pada hari libur Kristen dan kebiasaan setempat pada daerah Jerman Selatan.

Mungkin tidak ada produk roti lainnya yang mempunyai begitu banyak cerita, mitos dan legenda. Nama Breze berasal dari kata Latin "bracellus", yang berasal dari "brachium," kata Latin untuk "tangan". Ini menjelaskan fakta bahwa bentuk breze seperti tangan yang terlipat di dada. Konon tangan tersebut adalah posisi tangan seorang biarawan berdoa oleh sebab itu diduga juga karena bentuk tsb Breze dianggap seperti roti suci.

Lain daerah lain cerita, Breze memang luar biasa diciptakan, masih ada versi yang berbeda tentang bagaimana breze dengan asal usul nya. Dikenal,  sebuah legenda tukang roti dari Urach, yang terbunuh pada masa Count Eberhard yang kemudian menjadi Duke of Württemberg dan Teck. Tukang roti dipermalukan dan diancam dengan kematian dan pada akhirnya ia mati dalam pelukan isterinya yang menyilangkan tangan di dada nya.

Anda penasaran dengan Breze ? jika anda mempunyai kesempatan berkunjung ke Eropa serta di beberapa wilayah di Amerika Serikat, jangan lupa untuk mencicipi roti khas Jerman ini. (fdp/pb)

0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.