Warta Metropolitan, Blog Warta Indonesia

Dirndl dan Lederhose Bayern Tradisional Tracht (Pakaian Tradisional Bayern )

Jika anda berkunjung ke daerah Bayern,anda akan melihat beberapa toko memajang dan menjual pakaian tradisional ini, atau anda akan melihat banyak orang mengenakannya di bulan Oktober. Pakaian tradisi Bayern ini bernama Dirndl untuk pakaian wanita dan Lederhose untuk pakaian pria. Pakaian tradisional (disebut Tracht) dipakai dalam acara khusus seperti Oktoberfest yang berlangsung di bulan Oktober.

Tapi kita bisa memakai Tracht atau Trachtenkleidung juga untuk pernikahan, festival publik, parade, dan perayaan lainnya, bahkan Dirndl dan Lederhose dapat dipakai sebagai kostum Halloween atau pesta kostum. Tracht memang pakaian khas Bayern tapi pemakai Trach sudah mencapai seluruh daerah Eropa.

Dirndl adalah bahasa dari Bayern untuk gadis dan karena dahulu semua wanita mengenakan gaun ini, maka diberi nama yang sama. Dirndl dipakai dengan gaya yang berbeda-beda.
Gaya tradisional Dirndl terdiri dari rok lebar dan panjang dengan korsase , blus putih dan celemek berwarna-warni. gaya modern Dirndl terdiri dari rok panjang sampai rok mini.

Lederhosen (celana kulit) adalah pakaian tradisional laki-laki di Bayern. Celana Kulit ini biasanya berbentuk celana pendek atau celana sampai di bawah lutut. Yang tradisional biasanya dijalin atau bordir dengan motif Bayern seperti bunga edelweiss dan suspender. Akhir-akhir ini anda bisa melihat banyak wanita memakai Lederhosen, model ini dipakai sebagai Lederhosen modern.

Awalnya Dirndl adalah pakaian kerja pegawai perempuan, dan lederhosen dipakai untuk para buruh laki-laki. Bahkan saat ini kita bisa melihat Dirndl sebagai seragam untuk pelayan di beberapa restoran tradisional Bayern. Tetapi pada akhir abad ke-19 Kaisar Franz Joseph Austria berhasil merubah image Tracht menjadi llebih modis untuk dipakai. Sejak itu, Tracht dan Lederhose kehilangan status mereka sebagai pakaian kerja kelas bawah.

Saat ini anda dapat membeli Dirndl mulai dari harga 100 Euro (termasuk blus dan apron) hingga beberapa ribu Euro.Yang paling mahal yang pernah dibuat adalah Dirndl dengan biaya 100,000 Euro (ca. 130,000 USD) dan memiliki lebih dari 150,000 batu permata dijahit ke atasnya. Ini dipakai sebagai publisitas pada tahun 2006 oleh Regina Deutinger. Karena sifatnya yang mewah dan mahal, orang Bayern biasanya memiliki hanya satu Lederhose dalam hidup nya dan biasanya tidak pernah dicuci .

Jika Anda ingin membeli baju tradisional Bayern, saya sarankan untuk pergi ke sebuah toko yang mengkhususkan diri dalam Trachtenkleidung. Disana anda akan dilayani dan di bantu untuk mencari baju yang cocok untuk anda. Tetapi jika Anda ingin memilikinya sebelum perjalanan Anda ke Jerman, ada beberapa toko online yang menyediakan berbagai macam Dirndls modern atau anda dapat membelinya di Amazon.com.

0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.