Warta Metropolitan, Blog Warta Indonesia

Tips Mudik Aman Berlebaran Di Kampung

Lebaran menjelang tiba, seluruh umat muslim di dunia dengan penuh suka cita merayakannya bersama keluarga, sanak saudara dan handai taulan. Merayakan dengan sujud syukur kepada Allah S.W.T atas keberkahan, rahmat ampunan dosa dan keselamatan yang diperoleh selama bulan Ramadhan.

Di Indonesia, sudah menjadi tradisi yang tidak dapat dipisahkan antara Lebaran dan Mudik. Setiap tahun, ribuan bahkan jutaan penduduk Indonesia yang sedang merantau di belahan lain Indonesia, jauh dari kampung halamannya, mudik untuk berlebaran di kampung halamannya. Bersilahturrahim dengan orangtua, kakak, adik, sanak saudara, kerabat dan handai taulan lainnya untuk saling berma'afan dan berbagi cerita.

Mudik memang telah menjadi kebutuhan rakyat republik ini. Dan jika anda termasuk salah seorang yang ingin mudik berlebaran, berikut ini adalah sepuluh tips ringan mudik aman yang dapat bermanfaat untuk anda.

1. Siapkan dana secukupnya dan belilah tiket jauh-jauh hari. Urusan dana sangat penting, karena menyangkut keamanan dan kenyamanan saat diperjalanan. Jangan sampai anda kekurangan dana jika tidak ingin sengsara di perjalanan. Ingat saja, sudah menjadi kebiasaan harga-harga barang/jasa apapun akan naik selama momen lebaran. Tiket bis, kereta api, pesawat atau kapal laut harus sudah disiapkan jauh-jauh hari. Momen lebaran menyebabkan ramainya pembelian tiket sehingga bisa saja anda tidak kebagian tiket atau membeli tiket dengan harga lebih mahal dari calo akibat terlambat membeli tiket, tentunya hal tersebut akan menambah beban dana yang harus anda pikul.

2. Sebaiknya jangan membawa barang-barang yang terlalu besar ukurannya. Tidak masalah apabila anda pulang mudik dengan menggunakan mobil pribadi. Tetapi seandainya anda hanya berkendaraan motor atau mudik dengan menggunakan bis umum sebaiknya lupakan keinginan untuk membawa barang-barang tersebut. Atau anda tetap dapat menikmati barang-barang tersebut di kampung dengan mengirimkannya terlebih dahulu malalui jasa pengiriman barang. Sementara anda pun dapat leluasa pulang mudik tanpa harus repot membawa barang-barang yang berukuran besar.

3. Pastikan anda sekeluarga dalam kondisi prima.

4. Siapkan kantong muntah untuk si kecil yang tidak tahan dengan perjalanan jauh.

5. Jika anda membawa balita, siapkan diaper ganti plus baby wipesnya untuk bayi anda guna mengantisipasi saat di jalan BAB dan kendaraan tidak dapat berhenti.

6. Jangan lupa untuk mengecheck kondisi mesin kendaraan anda, baik mobil atau pun motor.

7. Siapkan makanan dan minuman ringan juga obat-obatan yang biasa digunakan. Makanan/minuman ringan berguna untuk menyuplai energi sementara selama perjalanan dan mengusir rasa kantuk. Obat-obatan yang biasa anda sekeluarga gunakan misalnya seperti obat sakit kepala, mual dll.

8. Bawa air mentah 5 jerigen atau 1 botol bekas air mineral besar (sekitar 1 literan). Bagi anda yang berkendaraan mobil, air mentah dapat berguna untuk mengisi radiator bila kurang. Selain itu air mentah ini juga dapat berguna untuk mencuci tangan anda saat selesai mengganti/menambal ban yang bocor. (bila terpaksa harus dilakukan sendiri).

9. Bawa peta jalur mudik dan pelajari rute-rutenya. Untuk anda yang menggunakan motor jangan lupa menggunakan helm SNI (Standar Nasional Indonesia) agar aman.

10. Selalu siaga dan berhati-hati selama perjalanan. Jangan sampai anda terpancing untuk ikut-ikutan menjalankan kendaraan anda sekencang-kencangnya karena di dahului oleh para setan jalanan. Ingat anda sekeluarga ingin bersilahturrahim bukan balapan.

Itulah ke sepuluh tips mudik aman berlebaran di kampung yang mudah-mudahan dapat membawa manfaat bagi anda sekeluarga. (djf/pb)

0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.