Warta Metropolitan, Blog Warta Indonesia

Aksiku - Toko Buku Bekas Online

Minggu, September 05, 2010

Kenali Gejala Gangguan Prostat

Belakangan ini, keinginan anda untuk buang air kecil tidak seperti biasanya. Keinginan itu memaksa anda bangun pada tengah malam, mengganggu santap siang anda, dan bahkan mengharuskan anda meninggalkan sebuah rapat penting, semuanya hanya supaya bisa lekas sampai ke kamar kecil. Namun, walaupun selama sepanjang hari itu anda telah sering ke kamar kecil, setiap kali anda merasa bahwa anda belum selesai.

Anda boleh saja menyalahkan kantung kemih anda, tetapi dari semua kemungkinan yang ada, masalah anda mungkin pada prostat.

Prostat adalah sebuah kelenjar kecil kira-kira seukuran buah kenari, yang membungkus bagian atas uretra, saluran pembuangan dari kandung kemih. Prostat berfungsi mengeluarkan campuran cairan dan enzim yang diperlukan oleh sperma agar tetap sehat dan lincah. Prostat biasanya melakukan pekerjaannya begitu baik sehingga kebanyakan orang bahkan tidak menyadari keberadaannya sampai ketika usia mereka 40-an atau 50-an, walaupun ada pula yang telah mendapatkan masalah sewaktu masih berusia 30-an.

Sejalan dengan pertambahan usia, prostat yang semula berkelakuan baik pelan-pelan dapat berubah menjadi kelenjar pembawa derita, karena menjadi mudah terinfeksi dan terkena penyakit termasuk kanker dan pembengkakannya sering sampai mengganggu proses buang air kecil.

Hampir setiap pria akan mengalami masalah prostat selama hidupnya. Selain sangat mengganggu, masalah ini juga pertanda bahwa masa muda anda telah berakhir.

"Masalah prostat sering datang bersamaan dengan uban, keriput dan rabun dekat. Ini juga salah satu pertanda awal bahwa anda telah mencapai usia yang membuat anda lebih pantas menjadi pembina Pramuka ketimbang menjadi anggota Pramuka biasa," kata Thoma, Stanisic, M.D., seorang spesialis urologi yang membuka praktik swasta di Ashland, Kentucky.

Tentu saja, anda tidak perlu mencari dukun atau paranormal untuk membebaskan diri dari kesialan ini, tetapi anda harus pergi ke dokter, karena perbedaan antara gejala gangguan prostat ringan dan gejala penyakit lebih serius kecil sekali. Gejala-gejala itu antara lain adalah sering buang air kecil, darah dalam air kemih, sulit pada awal buang air kecil, aliran yang lambat, dan perasaan bahwa hajat kecil anda belum selesai meskipun telah melakukannya.

Untuk mengetahui apakah anda mempunyai salah satu gejala gangguan prostat, lingkari nomor yang uraiannya paling mendekati pengalaman anda. Uji ini, yang dirancang oleh Male Health Center di Dallas, bukan untuk kanker prostat. Mintalah pengantar dari dokter anda untuk menjalani uji dan pemeriksaan prostat.

Selama sebulan terakhir, berapa sering anda ...

1. Merasa bahwa kantung kemih anda belum usai melaksanakan hajat kecil?


0  1  2  3  4  5


2. Harus buang air kecil lagi padahal belum kecil yang terakhir?


0  1  2  3  4  5



3. Menemukan bahwa aliran urin anda berhenti dan dimulai lagi beberapa kali?


0  1  2  3  4  5



4. Menemukan bahwa anda sulit menahan buang air kecil?


0  1  2  3  4  5



5. Mempunyai aliran urin lemah?


0  1  2  3  4  5



6. Harus memaksakan diri atau menahan rasa tidak nyaman ketika mulai buang air kecil?


0  1  2  3  4  5



7. Harus bangun pada malam hari untuk buang air kecil padahal sedang tidur?


0  1  2  3  4  5


Jumlahkan skor anda. Apabila skor anda sepuluh atau lebih, segera memeriksakan diri ke spesialis urologi.

0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.