Warta Metropolitan, Blog Warta Indonesia

Aksiku - Toko Buku Bekas Online

Rabu, Juni 22, 2011

5 Strategi Siapkan Makanan dengan Cepat

PestaBaca.info, Bagi ibu bekerja, memasak hidangan untuk keluarga adalah tugas yang tidak mudah. Di pagi hari, semua selalu terburu-buru. Sedangkan saat malam tiba, Anda mungkin sudah terlalu lelah untuk beraksi di dapur. Tak heran bila akhirnya keluarga Anda lebih banyak makan di luar atau lebih suka makanan instan. Tentunya hal ini tidak baik bagi kesehatan kita.

Para ahli selalu menyatakan bahwa makanan yang paling sehat sebenarnya adalah makanan yang diolah sendiri di rumah karena dengan demikian Anda akan selalu dapat memantau apa saja yang tersaji di meja makan. Agar hal itu bisa terjadi, Anda perlu pintar-pintar menyiasati keterbatasan waktu. Coba terapkan tip berikut ini:

1. Buat menu seminggu
Banyak orang tidak tahu akan makan malam apa hingga akhirnya sampai di rumah. Padahal, dengan adanya kumpulan resep mudah, sehat, dan cepat di internet, segalanya menjadi lebih mudah, bukan? Yang diperlukan hanyalah perencanaan yang matang. Luangkan waktu sehari dalam seminggu untuk merancang menu makanan selama seminggu. Sesuaikan dengan bahan makanan yang tersimpan di kulkas, apa yang disukai oleh anggota keluarga dan kegiatan mereka selama satu minggu. Setelah rencana menu siap, saatnya berbelanja!

2. Delegasi itu penting
Bila Anda punya asisten rumah tangga di rumah, silakan delegasikan rencana menu seminggu itu padanya, dan Anda pun bisa tenang setiap harinya. Namun, bila tidak ada pembantu di rumah, tidak ada salahnya juga Anda meminta bantuan anak yang berusia sekolah menengah untuk menyiapkan makan malam. Misalnya, dengan memberinya tanggung jawab mengurus hal-hal yang mudah, seperti mencuci sayuran, merebus air, atau bahkan menyiapkan meja makan.

Dengan melibatkannya dalam persiapan memasak, otomatis anak juga akan jadi lebih tertarik dengan makanan bernutrisi yang tersaji di rumah. Selain itu, Anda juga telah membuka wawasannya dengan berbagai kegiatan yang baru.

3. Buat semalam sebelumnya
Ada beberapa jenis makanan yang bisa disiapkan lebih dulu, untuk disajikan nanti. Misalnya, kaldu untuk sup atau hidangan yang dibuat dengan cara dipanggang. Anda bisa membuatnya di pagi hari atau malam sebelumnya, lalu disimpan dalam kontainer makanan khusus untuk dihangatkan kembali pada waktu makan berikutnya.

4. Miliki alat masak yang tepat
Berinvestasi pada perangkat memasak bisa memberi banyak keuntungan bagi Anda. Sebab, alat masak ini akan membantu Anda menciptakan berbagai variasi makanan yang lezat dan juga sehat. Microwave, misalnya, memungkinkan Anda menghangatkan makanan dalam waktu singkat. Sementara memiliki oven membuat Anda lebih kreatif dalam mengolah menu yang dipanggang.

5. Manfaatkan gadget Anda
Buat apa memiliki gadget canggih jika Anda tidak memanfaatkannya untuk kesehatan? Jangan cuma browsing tempat makan baru di internet. Cari juga menu-menu sehat dan buat daftar belanja yang bisa langsung dibawa ke supermarket tanpa harus dicetak dulu. Menyimpan rancangan menu mingguan di komputer juga bisa menghemat waktu dan tenaga Anda. Sebab, Anda hanya perlu membuat menu mingguan untuk dua bulan pertama, kemudian di bulan ketiga tinggal kembali ke menu di bulan pertama. Praktis, bukan?

0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.