Warta Metropolitan, Blog Warta Indonesia

Aksiku - Toko Buku Bekas Online

Senin, Juli 11, 2011

Mengapa Ibu Hamil Sering Susah Buang Air Besar?

PestaBaca.info - Banyak ibu-ibu yang sedang hamil mengeluh susah buang air besar/Konstipasi. Apakah ini normal? atau ada hubungannya dengan kehamilannya. Padahal biasanya lancar-lancar aja. Mau minum obat-obatan kuatir dengan kondisi janinnya.

Memang pada ibu hamil kebanyakan akan terjadi gangguan pada pencernaannya yaitu susah buang air besar atau konstipasi, hal ini tidak perlu dikhawatirkan, yang perlu dikhawatirkan adalah bila meminum sembarang obat-obatan yang mempunyai potensi untuk mengganggu perkembangan janin terutama pada saat usia kandungan antara 1-3 bulan dimana pada tahap ini terjadi pembentukan organ-organ. Pada ibu hamil kerapkali terjadi konstipasi karena pada waktu hamil terjadi peningkatan kadar hormon progesteron dan hormon ini menyebabkan terjadinya relaksasi otot (otot mengendur) sehingga kerja usus jadi tidak bagus. Kemudian pada tahap kehamilan menginjak usia 6-9 bulan saat perut ibu ini sudah tambah membesar masalah konstipasi ini jadi semakin sering karena rahim yang membesar akan lebih banyak menekan daerah perut. Tetapi dari semuanya itu yang perlu digaris bawahi adalah masalah ini jarang menimbulkan masalah besar baik bagi ibu maupun janinnya. Ada beberapa tips ringan untuk membantu meringankan masalah ini.

Beberapa diantaranya yaitu dengan meminum air putih yang cukup antara 6-8 gelas sehari. Kemudian juga dengan memperbanyak konsumsi makanan yang berserat tinggi contohnya buah dan sayur. Untuk buah yang paling bagus adalah pepaya karena buah ini mempunyai peran sebagai pencahar alami. Perlu juga olah raga ringan yang teratur seperti joging untuk memperlancar pencernaan. Bila masih ada permasalahan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anda.


[kolomkesehatan.blogspot.com]

0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.