Warta Metropolitan, Blog Warta Indonesia

Aksiku - Toko Buku Bekas Online

Selasa, Agustus 16, 2011

Akses Data Lebih Cepat di BlackBerry 7

Ardo Fadhola, Carrier Product Manager RIM (kiri) dan Wakil Presiden RIM Asia Selatan, Hastings Singh saat mmeperkenalkan Blackberry Bold 9900, Torch 9860, dan Torch 9810 di Jakarta, Senin (15/8/2011)
PestaBaca.info - Jakarta, Gelombang smartphone baru dengan platform BlackBerry 7 segera masuk ke Tanah Air. Dari lima model yang sudah diperkenalkan Research In Motion (RIM) Kanada, tiga di antaranya telah diperkenalkan di Jakarta, Senin (15/8/2011). Salah satu model, BlackBerry Bold 9900, bahkan dipastikan tersedia di pasaran mulai akhir September mendatang.

Menarik untuk menyimak kembali apa saja keunggulan BlackBerry OS 7 dibandingkan dengan versi sebelumnya dan bagaimana sistem operasi ini mampu memberikan pengalaman lebih bagi pengguna. Dalam jumpa pers, Wakil Presiden RIM Asia Selatan Hastings Singh menguraikannya.

Kelebihan pertama adalah soal browser. Singh mengatakan, BlackBerry OS 7 juga mengusung browser versi terbaru yang mendukung akses internet lebih cepat. Kecepatan aksesnya 40 persen lebih cepat dibandingkan dengan OS 6 dan 100 persen lebih cepat dibandingkan dengan OS 5. Browser generasi terbaru ini juga menawarkan fungsi zooming dan panning untuk navigasi web lebih lancar serta performa HTML 5 yang lebih optimal untuk pengalaman gaming dan video.

Kelebihan selain soal browser adalah pada fitur Universal Search. Fitur ini sebelumnya digunakan untuk mencari konten kontak, gambar, dan musik dari homescreen. Dengan BlackBerry OS 7, fitur ini dilengkapi dengan kemampuan pencarian lewat suara.

Dengan BlackBerry OS 7, pengguna juga mendapatkan versi premium Document to Go. Dengan versi premium, pengguna tak akan dikenai biaya tambahan lagi. Document to Go sudah memungkinkan pengguna membuat dokumen baik dalam format Word, Excel, maupun Power Point.

Tak ketinggalan, aplikasi BlackBerry Messanger yang baru juga dikembangkan sehingga bisa diintegrasikan dengan aplikasi lain. Salah satu tawarannya ialah integrasi dengan aplikasi Facebook sehingga pengguna bisa berinteraksi dengan teman-teman di Facebook secara real time lewat BBM.

Satu lagi kelebihannya adalah adanya BlackBerry Balance yang memungkinkan pengguna mengelola data pribadi dan bisnis. Pengguna BlackBerry bisa memakai smartphone tanpa kompromi dengan pihak teknologi informasi untuk soal keamanan dan pengawasan.

Nah, ada pula teknologi Augmented Reality yang menjadi unggulan.

"Teknologi ini mencakup lebih dari 150 juta points of interest di lebih dari 175 negara dan tersedia dalam 32 bahasa. Ini akan menjadi pengalaman fun bagi pengguna," kata Singh.

Selain itu, platform ini sudah mendukung teknologi near field communication (NFC). Salah satu aplikasi teknologi ini adalah pemanfaatannya untuk mengendalikan perangkat lain yang kompatibel dan mendukung mobile payment.

Terakhir, BlackBerry OS 7 mengusung kelebihan grafis dengan liquid graphic. "Liquid graphic memungkinkan operasi layar yang sangat halus, Anda bisa melihat foto-foto dengan lebih cepat. Liquid graphic juga lebih responsif pada sentuhan," lanjut Singh.

Sejauh ini, ada lima smartphone BlackBerry yang telah ditanami OS terbaru ini, yaitu Bold Touch 9900, Bold Touch 9930, Torch 9810, Torch 9850, dan Torch 9860. Apakah perangkat BlackBerry yang telah ada sekarang bisa di-upgrade ke OS 7? Sejauh ini RIM belum mengumumkan kemungkinannya.


[kompas.com]

0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.