Warta Metropolitan, Blog Warta Indonesia

Aksiku - Toko Buku Bekas Online

Minggu, Agustus 21, 2011

Bendera Israel Berhasil Diturunkan Paksa

PestaBaca.info - Kairo, Seorang demonstran Mesir berhasil menurunkan bendera Israel dari kedutaannya di Kairo pada Minggu (21/8/2011), saat ribuan orang memprotes kematian lima polisi perbatasan, demikian dikatakan seorang saksi mata.

"Salah satu pengunjuk rasa berhasil mencapai bendera itu yang dikibarkan di atap bangunan bertingkat tinggi dan menyingkirkannya," kata mereka.

Hal itu terjadi setelah pengunjuk rasa menembakkan ratusan kembang api dengan harapan bisa membakar bendera negara Yahudi itu.

Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak pada Sabtu (20/8/2011) menyatakan Israel menyampaikan penyesalan atas kematian personil polisi Mesir, yang tewas di perbatasan dalam pengejaran sejumlah pria bersenjata oleh Israel.

"Israel menyesal atas kematian personil polisi Mesir dalam serangan-serangan di perbatasan Mesir-Israel," kata Barak mengenai serangan oleh pria-pria bersenjata pada Kamis di kawasan Eilat, Israel.

Menteri pertahanan itu mengatakan telah memerintahkan Angkatan Darat Israel untuk mengadakan penyelidikan, dalam keterangan yang muncul beberapa jam setelah media negara Mesir memberitakan pemerintah Kairo memutuskan memanggil duta besarnya dari Tel Aviv untuk memprotes pembunuhan tersebut.

Kabinet Mesir Ahad mengatakan bahwa pernyataan penyesalan Israel atas kematian lima polisi perbatasannya tidak cukup, tetapi berhenti sesaat mengeja apakah pihaknya akan menarik duta besarnya dari Tel Aviv.

"Pernyataan Israel positif di permukaan, tapi tidak sesuai dengan besarnya kejadian dan keadaan marah Mesir terhadap tindakan Israel," kata kantor berita resmi MENA mengutip pernyataan kabinet.

MENA mengatakan, kabinet bersikeras pada jadwal untuk tawaran Israel melakukan penyelidikan bersama atas kematian para polisi Mesir Kamis, saat tentara Israel mengejar gerilyawan yang melakukan serangan sebelumnya di Negev yang menewaskan delapan orang.

Sekitar seribu orang Mesir pada Sabtu malam menggelar aksi protes di luar kedutaan Israel di Kairo, yang bertempat di lantai atas sebuah gedung bertingkat tinggi, bertujuan membakar bendera negara Yahudi itu.

[kompas.com]

0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.