Warta Metropolitan, Blog Warta Indonesia

Aksiku - Toko Buku Bekas Online

Minggu, Agustus 28, 2011

Satu Juta Orang Tinggalkan Pantai New Jersey

PestaBaca.info - New Jersey, Lebih satu juta orang meninggalkan kota-kota tepi pantai di New Jersey, Amerika Serikat, menjelang kedatangan Topan Irene pada Sabtu (27/8/2011). Evakuasi wajib mencakup semua resor di negara bagian itu termasuk tempat-tempat terkenal seperti Atlantic City, Cape May dan Long Beach Island.

Irene diperkirakan melanda negara bagian itu dengan kecepatan angin sedikitnya 120 kilometer per jam dan curah hujan 15-30 centimeter mulai Sabtu malam. Empat orang dilaporkan meninggal di North Carolina dan Virginia ketika topan itu bergerak ke arah utara.

"Lebih satu juta orang telah meninggalkan pesisir Jersey dalam 24 jam terakhir," kata Gubernur Chris Christie dalam jumpa pers.

"Cara terbaik untuk melestarikan kehidupan manusia di pesisir Jersey adalah mengosongkan kawasan di sana dari manusia."

Di satu tempat penampungan Palang Merah Amerika di Toms River, sekitar 13 kilometer sebelah barat Seaside Heights, kota pulau penghalang, sebanyak 375 orang siap-siap tidur di pelbet yang disediakan di satu aula sekolah, termasuk mahasiswa Eropa yang direkrut untuk pekerjaan musim panas.

"Kami datang ke tempat penampungan itu karena kami ingin datang," kata Emiliya Ileva, 22 tahun, mahasiswa asal Bulgaria yang bekerja di kota itu sejak Mei.

Hal itu sama dengan yang dialami Stoyanka Simeonova, 24 tahun. "Saya tak punya tempat untuk tinggal jadi saya datang ke sini," ujarnya. Kedua mahasiswi itu datang dari kota Plovdiv di Bulgaria.

Manajer tempat penampungan Sidney Farcy dari Palang Merah Amerika mengatakan fasilitas itu dipenuhi orang yang berlindung pada Sabtu siang dan pelbet akan ditambah lagi. Satu tempat penampungan lagi disediakan di sekolah itu.

"Kalau orang-orang terus bertambah dan topan masih berlangsung, tersedia satu penampungan lagi," kata Farcy, asal Joplin, Missouri, tempat yang pernah dilanda tornado pada Mei.

Christie mengatakan bahwa di Atlantic County, salah satu kawasan yang dievakuasi, 90 persen warga dan pengunjung telah pergi tetapi sedikit orang tua masih tetap bertahan. Kepolisian akan mengunjungi sebanyak 600 orang yang bertahan dan mencoba membujuk merkea untuk pergi, kata gubernur itu.

Kasino dan hotel-hotel di Atlantic City dikosongkan atas perintah gubernur. Keadaan darurat telah diberlakukan di New Jersey sejak Kamis.

Topan Irene bergerak ke pantai di Outer Banks, North Carolina, dekat Cape Lookout sekitar pukul 7.30 waktu setempat. Pada pukul 5.00 waktu setempat pusatnya berada 80 km sebelah selatan tenggara Norfolk, Virginia, dan 545 km sebelah baratdaya kota New York.


[kompas.com]

0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.