Warta Metropolitan, Blog Warta Indonesia

Tahun Maut bagi AS di Afganistan

PestaBaca.info - Tertembak jatuhnya pesawat helikopter jenis Chinook milik Amerika Serikat di Provinsi Wardak, Afganistan, Jumat (5/8/2011) malam, semakin memunculkan tanda tanya akan kelangsungan proses transisi pengamanan Afganistan, apabila nanti akhir tahun 2014 seluruh pasukan asing akan hengkang dari Afganistan. Salah satu pertanyaan yang mencuat, tentunya adalah, harus berapa lama lagi pasukan asing akan terus tinggal di Afganistan?

Kecelakaan yang terjadi di Provinsi Wardak hari itu adalah yang paling banyak menelan korban, semenjak pasukan asing beroperasi di Afganistan 2001. Kecelakaan terparah terjadi sebelumnya, pada April 2005, ketika heli Chinook CH-47 jatuh di Afganistan, dan menewaskan 15 tentara AS serta 3 kontraktor sipil. Sebuah Chinook lainnya jatuh di bulan Juni pada tahun yang sama, menewaskan 17 tentara AS.

Harga tinggi
Komandan-komandan pasukan AS dan anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) lainnya yang beroperasi di Afganistan, telah mengklaim sejumlah langkah sukses dalam upaya membasmi aksi perlawanan Taliban di jantung selatan Afganistan, meskipun kubu Taliban juga menunjukkan keterampilan yang makin nyata, dengan adaptasi taktik mereka serta meningkatkan aksi serangan mereka di sejumlah wilayah Afganistan.

Meski kubu Barat dan AS mengklaim sejumlah kesuksesan di Afganistan, akan tetapi toh biaya yang harus dibayar untuk sukses itu begitu tinggi. Setidaknya sudah 711 tentara asing tewas di Afganistan sepanjang tahun 2010 saja. Tahun 2010 merupakan tahun paling banyak merenggut nyawa tentara asing di Afganistan, semenjak 2001.

Tertembak jatuhnya heli di Maidan, Wardak-di mana mayoritas korban tewas adalah tentara AS, berarti setidaknya kini sudah 375 jiwa tentara asing yang tewas di Afganistan, sepanjang tahun 2011. Lebih dari duapertiganya, adalah tentara AS, menurut pemantau independen www.icasualties.com dan juga angka-angka menurut Reuters.  (AP/Reuters/BBC)

Kecelakaan Terburuk NATO di Afganistan
  • 6 April 2005 - Heli Chinook jatuh di Provinsi Ghazni menewaskan 15 tentara AS dan 3 kontraktor sipil.
  • 28 Juni 2005 - Sebanyak 16 tentara AS tewas, ketika Taliban menembak jatuh Chinook di Provinsi Kunar.
  • 16 Agustus 2005 - Sebanyak 17 tentara Spanyol tewas ketika helikopter Cougar jatuh dekat Herat.
  • 5 Mei 2006 - Sebanyak 10 tentara AS tewas ketika Chinook jatuh di timur Kabul.
  • 2 September 2006 - Setidaknya 14 personel tentara Inggris tewas, ketika pesawat milik Angkatan Udara Inggris, RAF, jenis Nimrod, meledak ketika tengah mengisi bahan bakar di udara.
  • 18 Agustus 2008 - Sedikitnya 10 tentara Perancis tewas diberondong tentara Taliban di timur Kabul.
  • 6 Agustus 2011 - 31 anggota pasukan khusus AS dan 7 tentara Afganistan tewas, ketika Chinook jatuh di Provinsi Wardak. (Berbagai sumber)
[kompas.com]

0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.