Warta Metropolitan, Blog Warta Indonesia

Bumi Akan Gelap Total Selama 3 Hari?

Jakarta - Baru-baru ini beredar kabar melalui berbagai media sosial bahwa pada 23-25 Desember 2012 bumi akan gelap total.

Fenomena kegelapan pada alam semesta ini kemudian dikaitkan dengan kiamat 2012 yang diramalkan suku Maya terjadi pada 21 Desember 2012 lalu. Mengetahui kabar tentang masa kegelapan di bumi, Lembaga Luar Angkasa Amerika Serikat (National Aeronautics and Space Administration/NASA) tak tinggal diam.

NASA membantah rumor yang memprediksi bumi akan gelap total atau blackout. "Ini merupakan salah satu teori yang paling aneh pada tahun 2012," demikian pernyataan NASA seperti dikutip dari situs resminya, Senin, 24 Desember 2012. "Wacana ini sama sekali tidak berdasarkan fakta yang ada."

Teori "aneh" tersebut, menurut NASA, dibangun dengan pemikiran bahwa matahari, bumi, serta planet yang ada di galaksi Bima Sakti pada waktu titik balik matahari musim dingin akan berada pada satu garis sejajar. Artinya, menurut teori "aneh" tersebut, akan menyebabkan kehancuran dengan ditandai kegelapan menyeluruh.

NASA membenarkan bahwa semua planet dengan matahari di galaksi Bima Sakti bisa dalam posisi sejajar. Hanya, lanjut NASA, kejadian tersebut merupakan sesuatu yang biasa dan tidak akan menyebabkan kerusakan apa pun. Bahkan, menurut lembaga ini, pada titik balik matahari tahun 2012 ini posisi planet-planet tidak akan sejajar.(NASA | SYAILENDRA)


Sumber: tempo.co

0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.