Warta Metropolitan, Blog Warta Indonesia

3 Cara membebaskan diri dari masa lalu

Pada titik tertentu kebanyakan orang senang menggali-gali masa lalu dan tak bisa melepaskannya. Hal ini tak jarang membuat seseorang menjadi tak bersemangat, merasa bersalah, atau menyesal berkepanjangan.

Tak baik terus-terusan terperangkap di masa lalu, terutama jika Anda banyak melakukan kesalahan. Kini saatnya Anda membebaskan diri dari masa lalu dan bergerak untuk maju. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mulai melepas masa lalu, seperti dilansir oleh Times of India (08/02).

1. Mengingat masa baik dan buruk
Dalam urusan cinta, mengingat hal-hal baik bersama mantan sangat tidak dianjurkan. Hal ini akan membuat Anda semakin galau dan susah untuk melepaskan masa lalu. Cara terbaik adalah dengan mengingat waktu yang baik serta yang buruk. Anda akan mendapatkan gambaran yang jelas bagaimana Anda bisa mencintainya dan memutuskan untuk pergi darinya. Untuk urusan pekerjaan dan pengalaman, sebaiknya Anda juga mengingat dua waktu tersebut. Waktu buruk akan memberikan Anda pelajaran untuk tidka mengulanginya lagi. Sementara waktu baik akan memberikan Anda semangat dan percaya diri untuk bisa menjadi lebih baik di masa depan.

2. Pikirkan sebab akibat
Anda harus selalu mengingat pepatah yang mengatakan bahwa "Jika satu pintu tertutup, maka pintu yang lain akan segera terbuka." Dengan memegang prinsip ini Anda akan melihat bahwa apa yang terjadi di masa lalu bisa memberikan dampak lanjutan yang baik untuk Anda. Jangan pernah menyerah. Melihat adanya harapan baru akan membuat Anda semakin mudah untuk terlepas dari pikiran tentang masa lalu yang terus-menerus menghantui Anda.

3. Teman-teman baru
Cara terbaik untuk bisa terlepas dari masa lalu adalah dengan membuat hubungan baru bersama teman-teman atau kenalan baru. Hal ini bukan berarti anda harus melupakan teman lama, namun dengan teman-teman baru, suasana dan lingkungan pergaulan baru, Anda akan lebih mudah melupakan masa lalu. Hal terbaik dari memiliki teman baru adalah Anda membuka kesempatan untuk mendapatkan pengalaman, wawasan baru, serta harapan yang mungkin terbuka lebar.

Janganlah menghabiskan hidup Anda untuk menyesali dan terus tinggal di masa lalu. Masa yang telah lewat tak bisa diulang lagi. Anda hanya bisa mengubah masa lalu dengan memperbaiki diri untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik.[kun]

sumber: merdeka.com

0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.