Warta Metropolitan, Blog Warta Indonesia

Aksiku - Toko Buku Bekas Online

Rabu, Juli 27, 2011

Nokia Klaim Masih Nomor Satu di Indonesia

PestaBaca.info - Jakarta, Meski posisi di pasar global kian tersudut, perusahaan telepon seluler (ponsel) asal Finlandia, Nokia mengklaim masih menjadi penguasa pasar ponsel di Indonesia. Bob McDougall, Country Manager Nokia Indonesia mengklaim, Nokia masih bertengger di posisi pertama terutama untuk kategori featured phone.

"Produk-produk kami masih menguasai pasar Indonesia, kami masih berada di posisi pertama," klaim Bob, di Jakarta, Selasa (26/7/2011).

Meski begitu, Bob menyadari Nokia tidak bisa berleha-leha dengan posisi itu. Sebab, kondisi persaingan di antara produsen ponsel semakin ketat. Bob bilang, Nokia terus berusaha untuk mengembangkan diri agar tetap menguasai pasar Indonesia.

Terkait hal itu, Nokia memiliki tiga strategi untuk mempertahankan posisinya baik di Indonesia maupun global. Pertama, Nokia terus mengembangkan perangkat-perangkat ponsel pintar miliknya. Untuk mendukung itu, Nokia menjalin kerjasama dengan Microsoft dalam mengembangkan sistem operasi Windows Phone. Rencananya, sistem operasi ini bakal mulai meluncur ke pasar global pada akhir tahun ini.

Nokia juga lebih memfokuskan pada identifikasi kebutuhan konsumen ketimbang merebut pangsa pasar yang lebih besar. Kata Bob, saat ini, masyarakat lebih membutuhkan beragam aplikasi yang menunjang komunikasi dan hiburan. Ini terlihat dari aplikasi mobile chatting, Whatsapp yang sudah diunduh 400 ribu pengguna Nokia dalam waktu beberapa bulan saja.

Melihat kondisi seperti itu, kemarin, Nokia baru saja meluncurkan program Nokia Developer Ecosystem. Program ini bertujuan untuk menjaring para pengembang aplikasi dari Indonesia untuk menciptakan aplikasi ponsel. Nantinya, aplikasi-aplikasi tersebut bakal tersedia di kanal aplikasi Nokia Store. "Ini juga sebagai wujud kontribusi kami untuk menumbuhkan wirausahawan baru di Indonesia," imbuh Bob.(Kontan/Veri Nurhansyah Tragistina)

[kompas.com]

0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.