Warta Metropolitan, Blog Warta Indonesia

Indonesia Belum Tuntaskan Perbatasan Laut di 8 Negara

PestaBaca.info - Nusa Dua, Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak batas wilayah dengan negara tetangga. Hingga kini, masalah perbatasan dengan 8 negara belum tuntas.

"Kita berusaha terus untuk menyelesaikannya," kata Wakil Menteri Luar Negeri, Triyono Wibowo saat membuka ‎konferensi Hukum Perbatasan Laut di Hotel Conrad, Tanjung Benoa, Nusa Dua, Bali, Kamis (23/6/2011).

Perbatasan Indonesia yang belum tuntas dengan delapan negara, di antaranya Timor Leste, Palau, Filipina. Penyelesaian perbatasan laut berlarut-larut karena Indonesia dan negara yang bersangkutan belum mencapai kesepakatan, diantaranya terkait batas zona ekonomi eksklusif.

"Dengan dialog kami yakin bisa menemukan solusi," katanya.

Untuk mempercepat penyelesaian perbatasan tersebut, Indonesia dan sejumlah negara yang memiliki perbatasan langsung telah membentuk komite perbatasan.

Sementara itu, Direktur Perjanjian Politik, Keamanan dan Wilayah Kementerian Luar Negeri Rachmat Budiman menjelaskan, Indonesia sebagai negara kepualuan terus berjuang memperoleh batas yang lebih luas. "Wajar kita menginginkan batas yang lebih karena warga negara kita banyak hidupnya dari apa yang ada di sekitar perbatasan," ujarnya.

Beberapa perbatasan dengan negara tetangga juga sudah ada yang diselesaikan dengan cara dialog. Ia mencontohkan keberhasilan Indonesia dan Australia menyelesaikan perbatasan di kepulauan Chrismast.

"Kesepakatannya, jaraknya tidak dibelah tegak, tapi lebih ke selatan," kata dia. (gds/mok)

[detiknews.com]

0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.