Warta Metropolitan, Blog Warta Indonesia

Patrialis: Seleksi Lanjutan Pimpinan KPK Utamakan Kompetensi

PestaBaca.info - Jakarta, Menkum HAM Patrialis Akbar mengucapkan selamat kepada 142 kandidat calon pimpinan KPK yang lolos seleksi administrasi. Patrialis mengingatkan bahwa hanya calon pimpinan KPK dengan kualitas dan kompetensi terbaik yang akan lolos dalam seleksi-seleksi berikutnya.

"Jadi begini, kualifikasinya yang kita sampaikan adalah semuanya menempuh proses yang sama. Ukuran utamanya adalah kualifikasi, walaupun ada unsur advokat, Polri, penegak hukum, dosen, dan lainnya, itu prosentase saja, yang kita utamakan adalah kompetensi," ujar Patrialis.

Hal ini disampaikan Patrialis usai mengumumkan hasil seleksi administrasi calon pimpinan KPK di Kantor Kemenkum HAM, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Jumat (24/6/2011).

Dalam seleksi-seleksi selanjutnya Pansel akan mengamati kualitas kepemimpinan masing-masing kandidat. Yang akan lolos hanya calon dengan kualitas leadership yang membanggakan.

"Jadi belum melihat pada integritas, kompetensi, leadership. Itu masih jauh. Sekarang ini dilihat dulu syarat administrasi lengkap atau tidak, teliti atau tidak dalam memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh UU, baru itu saja," jelasnya.

Setiap calon pimpinan KPK juga harus memahami tugas-tugas KPK. Sehingga dalam menjalankan tugasnya tidak akan mengalami kesulitan yang berarti. Mengingat peran KPK yang sangat vital dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Yang jelas ada lima tugas besaran dari KPK. Ada tugas-tugas pencegahan, penuntutan, supervisi, koordinasi. Nah itu kita berharap dari lima tugas besar itu pimpinan KPK ada disitu, tapi itu pun didasarkan pada kualifikasi dan kompetensi yah,"tandasnya.(fjp/van)

[detiknews.com]

0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.