Warta Metropolitan, Blog Warta Indonesia

Asal Usul Sebutan Soccer Di Amerika

Soccer sebetulnya kependekan dari association football, istilah resmi yang digunakan di Inggris, negeri asal sepakbola modern. Baik soccer dan football  atau rugby gaya Amerika sebetulnya berasal dari akar yang sama dan populer di sekolah-sekolah kalangan kelas atas Inggris di awal abad ke-19 yang kemudian diekspor ke seberang lautan Atlantik, tanah baru Amerika. Dua jenis olahraga itu melibatkan menggiring bola ke daerah lawan lalu membuat skor di ujung lapangan.
Tapi aturan permainan itu berbeda di setiap tempat. Hingga akhirnya, pada 1863, sekumpulan orang Inggris menentukan aturan baku permainan sepakbola yang kita kenal sekarang (hanya melibatkan kaki, memakai tangan berarti pelanggaran dan membedakannya dengan rugby). Selain itu, mereka juga menamakan diri mereka Football Association, mengadakan pertemuan dua bulan sekali, lalu menerbitkan The Book of Rules of Association Football, by the Group of Former English Public School Men. 

Di pertemuan terakhir, ada yang memisahkan diri karena tak setuju permainan ini tak membolehkan membawa bola dengan tangan. Olahraga baru ini kemudian disebut association football, termasuk saat mulai masuk ke Amerika dan populer di akhir abad ke-19. Orang Amerika menyingkat association football dengan soc saja. Kata itu kemudian berkembang jadi soccer. PSSI-nya Amerika yang bernama United States Soccer Federation semula bernama United States of America Foot Ball Association saat pertama didirikan 1913. Namanya diganti jadi United States Soccer Football Association tahun 1945. Terakhir, pada 1974, kata soccer dibuang sama sekali.(ade/ade)

Sumber: Tabloidbintang.com

0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.