Warta Metropolitan, Blog Warta Indonesia

7 Nutrisi Penting yang Kerap Terabaikan

PestaBaca.info - Jakarta, USDA mengatakan orang dewasa Amerika tidak mendapatkan tujuh nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Tampaknya hal ini juga dialami orang Indonesia. Mau tahu apa saja ketujuh nutrisi penting yang kerap terabaikan? Berikut seperti dipaparkan WebMD:

1. Potasium/kalium
Kalium merupakan salah satu nutrisi kunci yang dibutuhkan tubuh. Studi menunjukkan bahwa kalium dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat. Kalium juga mendukung kesuburan dan fungsi otot dan saraf. Makanan yang kaya dengan kalium antara lain kentang, ubi jalar, dan pisang.

2. Magnesium
Kadar magnesium yang rendah telah dikaitkan dengan masalah kesehatan seperti osteoporosis (pengeroposan tulang), tekanan darah tinggi, diabetes, kram otot, dan penyakit jantung. Sejumlah orang, misalnya manula dengan masalah perut dan usus,  atau mereka yang secara teratur minum alkohol, berisiko memiliki tingkat magnesium yang rendah. Untuk meningkatkan asupan kalsium, konsumsilah bayam, kacang, kacang polong, dan kacang-kacangan (terutama almond).

3. Vitamin A
Ada dua jenis vitamin A: retinol dan karotenoid, seperti beta-karoten. Yang terakhir disebut banyak ditemukan dalam makanan seperti kentang manis, wortel, bayam, labu dan sejumlah makanan yang difortifikasi. Jika kita kekurangan vitamin A bisa menjadi masalah, karena vitamin ini kunci dalam mendukung penglihatan yang baik, menunjang kekebalan tubuh dan pertumbuhan jaringan.

4. Vitamin E
Merupakan antioksidan yang penting untuk kekebalan tubuh, kulit sehat, dan penglihatan yang baik, serta dapat mengurangi penumpukan plak di pembuluh darah. Hal ini cenderung muncul dalam makanan dengan kadar lemak seperti almond, hazelnut, biji bunga matahari, dan minyak seperti minyak safflower dan minyak biji bunga matahari. Selai kacang juga menagndung vitamin E dalam jumlah sedikit. Jika Anda mengurangi lemak untuk alasan kesehatan, pastikan untuk mendapatkan cukup lemak sehat.

5. Kalsium
Anda mungkin tahu bahwa kalsium baik untuk tulang. Tapi fungsi kalsium tidak hanya sebatas itu. Kalsium membantu menjaga fungsi otot dan irama jantung, bahkan mungkin membantu mencegah tekanan darah tinggi. Susu adalah sumber yang baik, tapi makanan seperti salmon dan tahu juga mengandung kalsium. Hal yang harus diingat: Tanpa vitamin D yang cukup, tubuh Anda tidak dapat menyerap kalsium dengan baik.

6. Vitamin C
Apakah vitamin C dapat mencegah flu? Mungkin tidak. Tetapi beberapa studi menunjukkan vitamin C dapat mempersingkat durasi gejala flu. Vitamin ini, ditemukan di banyak buahan dan sayuran, memiliki manfaat lain juga, yaitu meningkatkan pertumbuhan tulang dan jaringan. Sebagai antioksidan, mungkin juga membantu melindungi sel dari kerusakan.

7. Serat
Serat dari biji-bijian dan kacang-kacangan menghasilkan banyak manfaat kesehatan. Serat membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan keteraturan usus, menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker. Serat juga baik dikonsumsi untuk orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan. Makanan berserat tinggi juga mengenyangkan dan rendah kalori. Namun demikian, kemungkinan serat bisa mengurangi penyerapan obat dan suplemen jika dikonsumsi pada waktu yang bersamaan.


[go4healthylife.com]

0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.